Mengenai Saya

Foto saya
Seorang sound engineer, lighting designer, drummer, pembawa acara, cameraman video/foto, dan video editor yang sudah menggeluti kegiatan ini sejak lama, dan sudah pernah mensukseskan berbagai acara

Kamis, 31 Oktober 2019

Freqency Division Multiple Access (FDMA)

  • Teknik multiple akses awal untuk sistem seluler dimana masing-masing pengguna diberikan sepasang frekuensi sementara untuk membuat atau menerima penggilan
  • pada system FDMA bandwith yang ada akan dibagi-bagi menjadi beberapa kanal frekuensi. Satu frekuensi digunakan untuk downlink dan satu lagu untuk uplink hal ini disebut pembagian frekuensi duplexing (FDD)
  • FDMA adalah sistem SCPC (Single Channel Per Circuit) sehingga biaya pembangunan infrastrukturnya sangat tinggi dibandinkan dengan sistem akses jamak yang lain
  • bandwith sistem FDMA umumnya sempit biasanya diimplementasikan dalam sistem band sempit waktu simbol besar dibandingkan dengan rata-rata delay spread.
FDMA
  1. Dalam FDMA frekuensi dibagi menjadi beberapa kenal frekuensi yang lebih sempit. Tiap pengguna akan mendapatkan kanal frekuensi yang berbeda untuk berkomunikasi secara bersamaan.
  2. pengalokasian frekuensi pada FDMA bersifat eksklusif karena kanal frekuensi yang telah digunakan oleh seorang pengguna tidak dapat digunakan oleh pengguna yang lain.
  3. Antar kanal dipisahkan dengan bidang frekuensi yang lebih sempit lagi (guard band) untuk menghindari interfensi amtar kanal yang berdekatan (adjacent channel)
  4. Informasi bidang dasar yang dikirim ditumpangkan pada isyarat pembawa (carrier signal) agar menempati alokasi frekuensi yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar